Laptop adalah jenis komputer pribadi yang paling populer dan tidak sulit untuk mengetahui alasannya. Ini adalah satu paket portabel sederhana yang melakukan pekerjaan untuk kebanyakan orang. Namun, satu pengorbanan besar yang harus Anda lakukan dibandingkan dengan desktop adalah kemampuan untuk diupgrade.

Apakah itu berarti Anda tidak dapat mengupgrade laptop sama sekali? Tidak! Namun, memutakhirkan laptop lama mungkin tidak sepadan dengan biaya dan usaha, tergantung pada apa yang Anda perlukan.


Apa yang Biasanya Dapat Anda Tingkatkan di Laptop

Secara umum ada dua komponen yang bisa diupgrade atau diganti pada tipikal laptop. Yang pertama adalah RAM atau Random Access Memory. Ini adalah memori cepat yang digunakan komputer untuk menyimpan informasi dari perangkat lunak yang sedang berjalan. Semakin banyak RAM yang Anda miliki, semakin banyak aplikasi yang dapat Anda jalankan (atau tab browser yang dapat Anda buka) tanpa perlu menggunakan akses hard drive yang lambat.

Omong-omong, komponen lain yang biasanya dapat ditingkatkan pada laptop biasa adalah hard drive. Sebagian besar laptop memiliki ruang drive 2,5”, tetapi model yang lebih baru kini hadir dengan slot NVME untuk solid-state drive format NVME. Mengganti drive yang ada dengan yang lebih besar memberi Anda manfaat nyata dari penyimpanan lebih banyak.

Namun, salah satu cara terbaik untuk menghidupkan kembali laptop lama adalah dengan menukar hard drive mekanisnya dengan model solid state. Ini akan segera membuat pengalaman umum menggunakan komputer jauh lebih tajam dan menyenangkan.

Ada kasus di mana hard drive, RAM atau keduanya tidak dapat ditingkatkan atau dilepas sama sekali. Ini sebagian besar berlaku untuk laptop kelas ultrabook seperti M1 MacBook Pro 13. RAM dan SSD terintegrasi ke dalam mainboard, jadi Anda terjebak dengan model apa pun yang Anda beli sejak awal.


Apa yang Biasanya Tidak Dapat Anda Tingkatkan di Laptop

Sangat menggoda untuk hanya mengatakan bahwa apa pun yang bukan RAM atau hard drive tidak dapat ditingkatkan, tetapi kami akan memecahnya menjadi komponen tertentu untuk memperjelas implikasinya.

Komponen kinerja umum yang paling penting di laptop Anda adalah CPU atau Central Processing Unit. Ini adalah otak komputer dan melakukan penghitungan angka untuk tujuan umum. Pada sistem desktop, CPU terhubung ke motherboard menggunakan sistem soket. Membuatnya mudah untuk menukarnya dengan model yang lebih baik. Biasanya laptop tidak menggunakan metode ini. Sebagai gantinya, CPU disolder secara permanen ke motherboard.

Sayangnya, hal yang sama biasanya berlaku untuk GPU atau Graphical Processing Unit. Itu terintegrasi ke dalam CPU atau juga disolder langsung ke motherboard. Ini adalah komponen yang menentukan banyak kinerja Anda dalam aplikasi 3D dan juga dapat membantu dalam aplikasi tertentu. Seperti video editor yang sering menggunakan GPU untuk mempercepat encoding video.

Beberapa Laptop Lebih Dapat Diupgrade Dari Yang Lain

Meskipun benar bahwa laptop biasa tidak memungkinkan Anda meningkatkan CPU atau GPU, ada pengecualian. Beberapa laptop kelas workstation menggunakan CPU desktop yang di-socket. Yang berarti dimungkinkan untuk meningkatkan model chip yang dikirimkannya. Ini sangat langka, tetapi tidak pernah terdengar.

Ketika datang untuk memutakhirkan GPU internal laptop, beberapa model memiliki solusi. Ini dikenal sebagai Mobile PCI Express Module (MXM) dan beberapa laptop kelas atas menggunakannya. Ini pada dasarnya adalah kartu grafis PCIe mini yang dapat dilepas yang dapat ditukar dengan model yang lebih baik.

Meskipun tidak umum, ada baiknya memeriksa apakah laptop Anda menggunakan standar MXM untuk GPU diskritnya. Meskipun bersiaplah untuk membayar harga yang mahal, karena GPU versi MXM dapat membawa harga premium yang lumayan.


Apakah Mengupgrade Laptop Layak Dilakukan?

Sekarang setelah Anda mengetahui upgrade seperti apa yang mungkin dilakukan untuk laptop Anda, pertanyaan selanjutnya adalah apakah upgrade ini sepadan.

Jika Anda berada di posisi di mana Anda benar-benar dapat meningkatkan CPU atau GPU di laptop Anda, itu pasti sepadan dari perspektif kinerja. Memutakhirkan komponen ini dapat menambah umur laptop selama bertahun-tahun. Namun, mereka mungkin juga berdampak pada panas dan masa pakai baterai. Belum lagi bahwa sebenarnya menginstal pemutakhiran ini mungkin melibatkan pembongkaran ekstensif. Anda juga harus mempertimbangkan biaya komponen ini, karena mungkin sangat mahal sehingga sistem yang sama sekali baru bisa menjadi pilihan yang lebih baik.

Ketika datang ke upgrade RAM atau hard drive, itu rumit. Jika kurangnya kinerja Anda terkait secara khusus dengan CPU atau GPU, maka memutakhirkan RAM Anda tidak akan menghasilkan apa-apa. Jika Anda kehabisan memori untuk melakukan tugas yang dapat ditangani oleh CPU dan GPU (seperti mengedit video pada RAM 4-8GB), maka peningkatan RAM akan membuat perbedaan besar. Jika laptop Anda memiliki RAM yang sangat kecil (4GB atau kurang) maka upgrade akan membuat sistem operasi modern seperti Windows 10 berjalan dengan baik.

Ketika datang ke upgrade hard drive, kami akan selalu merekomendasikan mengganti hard drive mekanis untuk model solid state. Setidaknya ketika datang ke sistem drive dengan sistem operasi. SSD membuat laptop lama terasa modern dan cepat untuk tugas sehari-hari seperti menjelajahi web. Dikombinasikan dengan peningkatan RAM, SSD dapat mengurangi kemacetan pada CPU, membiarkannya berjalan pada tingkat maksimumnya.


Kegunaan Baik untuk Laptop Lama

Jika Anda benar-benar perlu mengganti seluruh laptop Anda, jangan buang mesin lama. Jika Anda tidak dapat menjualnya dengan harga yang baik, ada kegunaan lain yang dapat Anda gunakan untuk menempatkan mesin lama:

- Gunakan sebagai server media (misalnya menggunakan Plex).

- Ubah menjadi perangkat penyimpanan yang terhubung ke jaringan.

- Instal Linux di dalamnya, tidak ada kata terlambat untuk belajar!

- Buat PC yang berfokus pada privasi untuk penjelajahan sensitif.

- Ubah menjadi mesin emulasi retro-game.

- Sumbangkan ke anggota keluarga muda atau tua dengan hanya kebutuhan komputasi dasar.

Ini hanya beberapa ide, tetapi jika Anda memikirkannya, Anda akan menemukan bahwa bahkan komputer lama yang menjalankan perangkat lunak yang tepat dalam konteks yang tepat dapat sangat berguna. Limbah elektronik adalah masalah besar, jadi mengeluarkan seluruh masa pakai komputer tidak hanya akan membuat hidup Anda lebih baik. Ini juga akan membantu lingkungan!


sumber : https://helpdeskgeek.com/help-desk/can-you-upgrade-an-old-laptop-and-is-it-worth-it/