Apa yang lebih baik: lokal atau cloud? Banyak perusahaan mapan bertanya-tanya apakah layak untuk beralih dari infrastruktur teknologi di tempat mereka dan beralih ke cloud. Sebaliknya, beberapa perusahaan baru bertanya-tanya apakah mereka harus menginvestasikan modal awal mereka dalam sistem lokal. Untuk memilih opsi yang tepat untuk perusahaan Anda, Anda perlu mengetahui perbedaan antara layanan dan infrastruktur lokal dan berbasis cloud.

Setiap kali Anda melakukan perbandingan cloud dan lokal, penting untuk memikirkan kebutuhan bisnis Anda. Ada trade-off untuk opsi apa pun yang Anda pilih, jadi Anda harus diberi tahu sepenuhnya sebelum memutuskan berapa banyak layanan lokal atau cloud yang Anda sertakan di perusahaan Anda.

Ada beberapa elemen yang masuk ke sistem lokal dan cloud. Untuk mempersempitnya, Anda harus fokus pada perbedaan antara dua elemen inti solusi Anda: penyimpanan dan perangkat lunak. Baik penyimpanan dan perangkat lunak sangat penting bagi kemampuan perusahaan untuk berfungsi sehari-hari. Dengan demikian, ada beberapa cloud dan penawaran lokal untuk penyimpanan dan aplikasi perangkat lunak.

Memilih untuk menyimpan data Anda di server eksternal atau server internal adalah keputusan besar yang harus dipertimbangkan perusahaan. Saat Anda melihat pro dan kontra penyimpanan lokal dan cloud, Anda harus memiliki pengetahuan tentang kualitas terpentingnya.

KEUNTUNGAN CLOUD STORAGE

Salah satu cara utama cloud berinteraksi dengan perusahaan Anda adalah cara penyimpanan data. Tidak seperti server lokal dengan penyimpanan, penyimpanan cloud menggunakan server eksternal yang dikelola oleh perusahaan lain.

Fungsi utama bisnis apa pun adalah kemampuan untuk menyimpan data di server. Bagaimanapun, server adalah sumber kehidupan organisasi Anda. Mereka menyimpan informasi Anda, menghubungkan karyawan Anda dan memungkinkan Anda terhubung dengan orang lain di seluruh dunia. Di masa lalu, server di tempat adalah satu-satunya opsi yang tersedia untuk Anda, tetapi sekarang, server berbasis cloud juga merupakan opsi yang layak.

 

Penyimpanan cloud adalah pilihan yang bagus untuk banyak perusahaan, karena memberikan manfaat penghematan biaya bersama dengan yang fungsional seperti backup data biasa dan kemampuan untuk menskalakan dengan mudah. Penyimpanan cloud adalah pilihan yang bagus untuk perusahaan Anda karena ini dapat:

  • Kurangi tanggung jawab staf TI:  Karena penyimpanan awan Anda akan dikelola oleh perusahaan lain, staf TI Anda tidak perlu meluangkan waktu untuk memasang tambalan atau pembaruan perangkat lunak baru, membebaskan waktu mereka untuk tugas-tugas lain.
     
  • Hilangkan biaya modal: Meskipun penyimpanan di lokasi dianggap sebagai biaya modal, penyimpanan cloud dianggap sebagai biaya operasional. Biasanya, penyimpanan di tempat memerlukan investasi awal yang besar untuk membeli peralatan dan memasangnya di kantor. Karena penyimpanan cloud dikelola secara eksternal, tidak perlu investasi modal. Sebaliknya, perusahaan akan membayar langganan bulanan yang terjangkau.
     
  • Sesuaikan dengan anggaran Anda: Untuk membantu perusahaan menjaga biaya awal mereka tetap rendah, organisasi secara teratur membayar penyimpanan cloud setiap bulan. Tidak masalah jika Anda memperbesar atau memperkecil, sebagian besar perusahaan penyimpanan berbasis cloud dapat menyesuaikan harga mereka untuk memenuhi anggaran Anda. Selain itu, fitur penyimpanan cloud dapat disesuaikan, ditambahkan atau ditinggalkan sama sekali dari paket. Fleksibilitas semacam ini sangat bagus untuk perusahaan yang mengharapkan perubahan dan tidak ingin terjebak dalam membayar layanan yang tidak mereka butuhkan.
     
  • Lakukan pencadangan data secara teratur: Cloud menawarkan pencadangan data yang lebih mudah daripada server lokal. Server berbasis cloud memberikan ketenangan pikiran kepada pengguna karena mereka tahu jika komputer mereka rusak atau file lokalnya dihapus, mereka dapat menemukan informasi itu lagi. Kemampuan untuk mengakses informasi yang seharusnya hilang ini berarti perusahaan Anda dapat meminimalkan risiko kehilangan informasi penting.
     
  • Sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda:  Penyimpanan berbasis cloud dibuat sesuai skala. Perlu tambahan beberapa terabyte data untuk menyimpan lebih banyak data? Cukup tingkatkan paket Anda dengan satu atau dua klik. Tidak seperti server perusahaan sendiri yang perlu memasang perangkat keras baru, server berbasis cloud dapat dengan cepat diperluas untuk memenuhi kebutuhan perusahaan Anda. Bagi perusahaan-perusahaan yang tumbuh dengan cepat, itu berarti Anda tidak perlu khawatir akan melambat karena peralatan Anda tidak dapat mengimbangi.

 

MENGAPA CLOUD STORAGE MUNGKIN BUKAN PILIHAN TERBAIK

Meskipun ada beberapa manfaat menggunakan cloud untuk kebutuhan penyimpanan Anda, ini juga memiliki beberapa kekurangan. Penyimpanan cloud mungkin bukan pilihan terbaik untuk perusahaan Anda karena:

  • Internet menentukan pengalaman pengguna:  Saat Anda menggunakan penyimpanan cloud, koneksi internet yang cepat dan andal harus dimiliki. Koneksi Internet yang redundan juga harus dipertimbangkan jika sebagian besar beban kerja akan dihosting di Cloud. Jika Anda memiliki koneksi yang lambat, mengakses file Anda atau mendownloadnya bisa menjadi pengalaman yang membosankan. Bagi mereka yang perlu bekerja dengan cepat, koneksi internet yang lambat dapat memberikan pengalaman pengguna yang mengerikan saat mereka mengakses server cloud Anda.
     
  • Biaya dapat membengkak dengan sedikit peringatan: Skalabilitas penyimpanan cloud yang cepat, sementara keunggulan yang disebutkan di atas, juga dapat menjadi pencegah yang mahal jika tidak dikelola. Layanan cloud adalah model konsumsi, jadi semakin banyak penyimpanan yang dibutuhkan Perusahaan Anda, semakin tinggi biaya bulanan. Perusahaan harus mengadopsi kebijakan dan proses untuk menghindari kejutan dari tagihan yang mahal. Satu titik kontak harus diidentifikasi di dalam Perusahaan, orang yang bertanggung jawab atas hubungan Cloud dan jalur-putaran harus ditetapkan untuk konsumsi dengan antisipasi kenaikan biaya ketika jalur-putaran terlampaui.
     
  • Akses didasarkan pada koneksi:  Kelemahan dari mengandalkan internet untuk menyimpan file Anda adalah bahwa pemadaman internet benar-benar dapat melumpuhkan akses Anda ke file penting. Kehilangan akses ke data Anda selama pemadaman koneksi dapat menunda operasi Anda dan membuat beberapa anggota staf tidak mungkin menjadi produktif. Meskipun keandalan internet telah berkembang pesat selama bertahun-tahun, perusahaan harus yakin dengan koneksi mereka sebelum beralih ke penyimpanan cloud.
     
  • Litigasi - surat perintah penggeledahan: Jika perusahaan Anda adalah fokus penyelidikan, penegak hukum dapat mengeluarkan surat perintah penggeledahan ke pemasok awan Anda. Memaksa akses ke penyimpanan Perusahaan Anda tanpa persetujuan Anda untuk mencari artefak yang mendukung penyelidikan. Materi elektronik yang strategis untuk operasi Perusahaan, mungkin tidak sesuai untuk penyimpanan Cloud. Perusahaan harus memiliki pedoman tertulis dan kebijakan penggunaan yang dapat diterima untuk menyertai layanan penyimpanan cloud.
     
  • Data kurang aman :  Setiap kali Anda bekerja dengan perusahaan penyimpanan cloud, Anda mempercayakan pengelolaan data Anda kepada pihak lain untuk dikelola dan dijaga keamanannya. Kapan pun pihak luar dipercaya dengan data perusahaan Anda, Anda berisiko diakses oleh personel yang tidak berwenang. Untuk menghindari hal ini, Anda mungkin ingin bertanya tentang praktik dan prosedur keamanan perusahaan Cloud dan bagaimana mereka mengenkripsi data Anda saat transit dan saat tidak digunakan.

 

KEUNTUNGAN PENYIMPANAN LOKAL

Tidak seperti penyimpanan cloud, penyimpanan di tempat bergantung pada infrastruktur di kantor fisik Perusahaan Anda untuk mengelola data Anda. Anda akan memiliki semua peralatan dan bertanggung jawab atas manajemen siklus hidup. Seperti yang Anda duga, ada beberapa pro dan kontra dari solusi lokal untuk penyimpanan data.

Meskipun penyimpanan cloud telah menjadi hal yang populer akhir-akhir ini, beberapa perusahaan masih percaya bahwa solusi lokal paling sesuai untuk kebutuhan bisnis mereka. Misalnya, banyak yang menikmati keamanan yang lebih besar yang diberikan oleh solusi dan penyimpanan lokal untuk datanya. Penyimpanan lokal adalah pilihan yang bagus untuk bisnis Anda karena dapat:

  • Beroperasi tanpa internet: Salah satu keuntungan utama penyimpanan lokal adalah tidak mengharuskan pengguna memiliki koneksi internet untuk mengakses data. Meskipun sebagian besar bisnis mengandalkan internet untuk menjalankan bisnis, selalu ada kekhawatiran bahwa hilangnya koneksi dapat mengganggu produktivitas dan membuat data penting tidak dapat diakses. Server lokal akan memberi Anda jaringan internal yang dapat diakses kapan saja, apa pun koneksi internet Anda.
     
  • Menurunkan biaya internet bulanan:  Jika bisnis Anda tidak bergantung pada internet atau layanan berbasis cloud, Anda mungkin tidak perlu membayar untuk koneksi berkecepatan tinggi tersebut. Bagi mereka yang memiliki penyimpanan di lokasi, kebutuhan akan koneksi yang kuat dengan kecepatan unduh yang tinggi semakin berkurang. Berdasarkan kebutuhan Anda, Anda mungkin tidak perlu membayar paket internet yang lebih mahal jika tidak perlu mengakses cloud untuk melihat file.
     
  • Memberikan keamanan yang lebih baik:  Tidak seperti penyimpanan cloud, yang lebih rentan terhadap pihak ketiga dan mengintip, penyimpanan di lokasi sepenuhnya dibatasi dari siapa pun selain personel yang berwenang. Server lokal tidak dapat diakses oleh orang-orang di luar jaringan, karena mereka tidak menyimpan data secara online. Untuk perusahaan yang menangani data sensitif, seperti yang ada di industri keuangan, penyimpanan di lokasi mungkin menjadi pilihan yang lebih disukai.
     
  • Menawarkan kendali atas perangkat keras server: Beberapa perusahaan menikmati memiliki server khusus di dalam gedung mereka untuk menangani semua kebutuhan mereka. Alih-alih harus meminta perusahaan penyimpanan cloud untuk meningkatkan paket penyimpanan mereka atau menambahkan fitur baru, perusahaan dapat melakukan peningkatan sendiri. Secara potensial, kemampuan untuk memodifikasi perangkat keras server dapat memberi perusahaan yang cerdas fleksibilitas dan penyesuaian yang lebih besar untuk kebutuhan penyimpanan mereka.

MENGAPA PENYIMPANAN LOKAL MUNGKIN BUKAN PILIHAN TERBAIK

Terlepas dari banyak keuntungan yang datang dengan penyimpanan lokal, ada beberapa kelemahan yang harus diperhatikan perusahaan. Penyimpanan lokal mungkin bukan pilihan terbaik untuk bisnis Anda karena dapat:

  • Memerlukan dukungan TI tambahan: Jika Anda memutuskan ingin menggunakan penyimpanan lokal, Anda juga harus memiliki staf TI untuk memelihara dan mengelola server Anda. Ini bisa berarti Anda harus merekrut anggota staf baru atau mencurahkan lebih banyak waktu staf Anda saat ini untuk memelihara server. Dukungan ekstra ini dapat menambah biaya Anda dan mengurangi efisiensi departemen TI Anda karena mereka akan meningkatkan tanggung jawab yang terkait dengan server di lokasi.
     
  • Kepatuhan terhadap kepatuhan industri: Jika Perusahaan Anda beroperasi dalam industri yang diatur seperti Finance atau HealthCare, tanggung jawab untuk mematuhi peraturan yang mengatur akan sepenuhnya menjadi tanggung jawab Perusahaan Anda karena Anda adalah pemilik dan operator server dan penyimpanan di lokasi. Kepatuhan dapat memerlukan perhatian banyak karyawan, uang tambahan untuk audit luar dan potensi denda jika infrastruktur ditemukan tidak sesuai.
     
  • Meningkatkan biaya pemeliharaan: Seiring dengan investasi modal awal yang diperlukan untuk membeli server dan perangkat keras lainnya, Anda juga harus terus membeli perangkat keras, perangkat lunak, dan lisensi untuk meningkatkan atau memperbaikinya. Seringkali, sebuah perangkat keras tidak berfungsi dan perlu diganti. Selain itu, untuk mendapatkan hasil maksimal dari investasi server Anda, Anda akan ingin meningkatkan peralatan Anda, yang kemungkinan besar tahunan (setidaknya), dan akan membutuhkan investasi lebih banyak uang.
     
  • Memerlukan investasi modal yang lebih besar: Saat Anda pertama kali menyiapkan penyimpanan di lokasi, Anda harus menginvestasikan sejumlah besar modal untuk membeli server dan perangkat keras lainnya untuk menjalankannya. Untuk perusahaan yang hanya mencoba untuk memulai, tingkat investasi modal ini bisa menjadi kerugian yang sangat besar. Selain membeli peralatan, Anda juga harus mencurahkan waktu dan uang untuk memastikannya terpasang dengan benar.
     
  • Meningkatkan risiko kehilangan data: Data adalah tulang punggung bisnis Anda. Kehilangannya bisa melumpuhkan, baik untuk efisiensi maupun reputasi Anda. Dengan penyimpanan lokal, kegagalan fungsi dalam sistem atau sistem yang disusupi untuk meminta tebusan dapat menyebabkan Anda kehilangan data secara permanen. Sementara sistem berbasis cloud akan membuat data Anda dicadangkan, sistem penyimpanan lokal memiliki semua data yang disimpan di server internal, yang berarti Anda menanggung risiko yang lebih besar. Praktik terbaik untuk penyimpanan di lokasi, untuk menghindari hilangnya data, adalah dengan menyertakan layanan cadangan di luar situs yang mereplikasi data ke situs atau media lain.
     
  • Batasi kemampuan perusahaan Anda untuk meningkatkan skala: Jika perusahaan Anda meningkatkan skala dan membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan atau kemampuan lainnya, akan lebih sulit untuk menskalakan server lokal Anda dengan cepat. Tidak seperti penyimpanan cloud, di mana perusahaan dapat dengan mudah memilih paket yang lebih luas dengan sekali klik, penyimpanan di lokasi mengharuskan Anda menginstal perangkat keras baru dan mencurahkan tenaga untuk membangun sistem baru.

 

Sumber : https://www.morefield.com/