Tips memilih server - Server adalah komputer jarak jauh yang umumnya disimpan di pusat data server. Akan selalu aktif dan terhubung ke internet. Dapat digunakan untuk menampung beragam layanan dan aplikasi untuk mencapai tujuan bisnis.


Server untuk keperluan bisnis biasanya digunakan untuk:


- Hosting email yang aman

- File sharing

- Cloud storage

- Hosting situs web atau toko eCommerce

- Hosting aplikasi SaaS seperti manajemen pelanggan, manajemen faktur, manajemen karyawan, atau perangkat lunak perencanaan dan kolaborasi.

- Mendukung beberapa server virtual

- Mencadangkan data bisnis

- Menyimpan dan berbagi dokumen penting

- Menyediakan desktop virtual untuk karyawan

Small business server mampu menunjang pada semua layanan diatas dan berbagai keperluan bisnis lainnya. Server yang berkualitas dapat mendukung semuanya secara bersamaan, namun bagi sebagian bisnis terutama bisnis besar biasanya setiap server memiliki perannya masing-masing dan tidak menggabungkan semuanya menjadi satu karena dapat berbahaya jika terjadi hal tak terduga, misalnya seperti kebakaran. 

meskipun ada manfaat untuk memisahkan fungsionalitas antara beberapa server yang lebih kecil, daripada meletakkan semua telur Anda dalam satu keranjang.


Cara dan Tips Memilih Server

1. Teliti

Teliti spesifikasi server berdasarkan keperluan atau program yang ingin Anda jalankan.

Ada dua cara berbeda untuk menentukan prosesor, RAM, dan hard drive. Yang mana harus Anda pilih saat hendak memilih server:


Riset mandiri:

Buatlah daftar semua program atau aplikasi yang akan Anda jalankan di server tersebut.

Pertimbangkan berapa banyak pengguna yang harus dilayani setiap aplikasi, sekarang dan dalam waktu dekat.

List ke dalam daftar dan buka Google untuk mencari saran dan riview yang dilakukan oleh orang lain.

Ulangi langkah ini untuk setiap program dan tambahkan setidaknya 20% buffer untuk memperhitungkan beban yang mampu ditampung oleh server.

Jika Anda kesulitan dalam memilih server yang tepat, bisa langsung kotak di kolom live chat yang tersedia dan akan diarahkan secara langsung oleh tim kami.


2. Lokasi

Langkah 2: Tentukan Lokasi Server Usaha Kecil Terbaik

Saat menyiapkan server untuk keperluan bisnis, Anda memiliki dua opsi berdasarkan tempat:


- Server yang terletak langsung di perusahaan Anda. Data lebih aman, mudah perawatan, dan rahasia terjaga.

- Hosting, dengan menyewa server yang lokasinya bukan berada di perusahaan Anda dan bertempat di lokasi tertentu. Biasanya, hosting server ini lebih rawan namun minim biaya perawatan karena semua biaya ditanggung oleh penyedia jasa. 


3. Biaya

Pertimbangan penting saat menyiapkan server adalah biaya. Meskipun setiap bisnis memiliki biaya namun banyak yang salah dalam menentukan pengeluaran yang tepat untuk keperluan bisnisnya, berikut adalah beberapa faktor yang dapat mengarahkan Anda ke server yang lebih murah atau lebih efisien. Saran ini berlaku sama bagi Anda yang ingin menyewa atau memiliki server.


Server yang murah biasanya di bawah 1 juta/bulan , atau jika ingin membelinya secara langsung sekitar 7 juta hingga lebih.


Sedangkan server mahal biasanya lebih dari 1 juta/bulan dan jika ingin membelinya secara langsung sekitar 15 juta lebih.

Jadi, sesuaikanlah dengan keperluan dan juga kantong Anda.


4. Jenis Server

Jika Anda telah memutuskan bahwa ingin meletakan host server Anda di pusat data, maka Anda perlu memutuskan jenis server mana yang akan digunakan. Ada dua jenis yaitu, server hybird dan dedicated


5. Pemilihan

Sekarang setelah Anda menentukan kebutuhan sumber daya, anggaran, jenis server, dan lainnya, Anda siap memesan server yang tepat untuk keperluan bisnis Anda.


Jika Anda telah memutuskan untuk membeli server fisik, sekarang saatnya untuk memesan server dan semua komponen seperti HDD dan RAM.

Bingung memilih toko yang tepat, original, dan terpercaya untuk memunuhi kebutuhan bisnis Anda seputar server dan barang IT lainnya? Griyasis menyediakan semuanya secara lengkap dan dapat konsultasi secara langsung melalui live chat.