Teknologi Wi-Fi telah meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir, tetapi itu semua tidak selalu sempurna, terutama dalam hal bisnis. 


Ruang kantor besar dengan lalu lintas padat biasanya menggunakan Access Point Wi-Fi, sementara kantor kecil dengan pengguna terbatas lebih cenderung memiliki router Wi-Fi dan perluasan jangkauan. Kemudian, bagaimana fitur yang dimilikinya agar tepat dengan kebutuhan Anda.


Apa itu Access Point?

Access Point adalah perangkat yang membuat jaringan area lokal nirkabel, atau WLAN, biasanya di kantor atau gedung besar. 

Access Point terhubung ke router kabel, sakelar, atau hub melalui kabel Ethernet, dan memproyeksikan sinyal Wi-Fi ke area yang ditentukan. 

Misalnya, jika Anda ingin mengaktifkan akses Wi-Fi di area resepsionis perusahaan Anda tetapi tidak memiliki router dalam jangkauan, Anda dapat memasang Access Point di dekat meja depan dan menjalankan kabel Ethernet melalui langit-langit kembali ke ruang server .


Apa itu Range Extender?

Sesuai namanya, range extender memperpanjang jangkauan jaringan Wi-Fi yang ada. Karena range extender terhubung secara nirkabel ke router Wi-Fi, mereka harus ditempatkan di tempat yang sinyal router Wi-Fi sudah kuat, bukan di lokasi titik mati yang sebenarnya. 


Misalnya, jika router Anda berada di ruang bawah tanah gedung berlantai dua, memasang range extender di lantai dasar (di mana jangkauan dari router Wi-Fi masih kuat) akan menghilangkan potensi zona mati di lantai dua.


Mengapa Access Point Lebih Baik untuk Bisnis

Meskipun range extender sangat bagus untuk jaringan Wi-Fi rumah, namun tidak efisien untuk bisnis modern. 

Hal tersebut karena mereka hanya dapat mendukung sejumlah perangkat dalam satu waktu, biasanya tidak lebih dari 20. Meskipun perluasan jangkauan memang meningkatkan jangkauan router Wi-Fi, mereka tidak meningkatkan bandwidth yang tersedia. Bergantung pada jumlah perangkat yang Anda sambungkan secara bersamaan, range extender dapat membebani koneksi Anda.


Access Point, di sisi lain, masing-masing dapat menangani lebih dari 60 koneksi simultan. Dengan memasang Access Point di seluruh kantor, pengguna dapat menjelajah dengan bebas dari kamar ke kamar tanpa mengalami gangguan jaringan. Saat mereka bergerak melalui gedung, perangkat mereka berpindah dengan mulus dari satu Access Point ke Access Point berikutnya tanpa memutuskan koneksi—mereka bahkan tidak akan menyadari bahwa mereka sedang berpindah antar jaringan.


Keuntungan Menggunakan Access Point Nirkabel

Saat Anda memiliki karyawan dan tamu yang terhubung dengan desktop, laptop, ponsel, dan tablet, 20 perangkat di jaringan nirkabel bertambah dengan cepat. Pada masing-masing 60 koneksi simultan, Access Point memberi Anda kebebasan untuk menskalakan jumlah perangkat yang didukung di jaringan Anda. Tapi itu hanya salah satu keuntungan menggunakan penambah jaringan ini—pertimbangkan poin-poin berikut:


Access Point kelas bisnis dapat dipasang di mana pun Anda dapat menjalankan kabel Ethernet. Model yang lebih baru juga kompatibel dengan Power over Ethernet Plus, atau PoE+ (kombinasi Ethernet dan kabel daya), jadi tidak perlu menjalankan saluran listrik terpisah atau memasang stopkontak di dekat Access Point.

Fitur standar tambahan termasuk dukungan Captive Portal dan Access Control List (ACL), sehingga Anda dapat membatasi akses tamu tanpa mengorbankan keamanan jaringan, serta dengan mudah mengelola pengguna dalam jaringan Wi-Fi Anda.

Jalur akses tertentu menyertakan fitur Pengelompokan—satu titik dari mana administrator TI dapat melihat, menyebarkan, mengonfigurasi, dan mengamankan jaringan Wi-Fi sebagai satu kesatuan daripada serangkaian konfigurasi Access Point terpisah.