Tidak ada istilah 'cloud versus data center.' Itu adalah dikotomi yang salah. Kenyataannya adalah bahwa cloud dan data center adalah bagian penting dari infrastruktur digital. Lebih dari itu, hubungan mereka adalah simbiosis. Kemajuan dalam teknologi data center ( konektivitas berkecepatan tinggi, daya yang efisien, dan lainnya) meningkatkan efektivitas cloud, dan sebaliknya. Sinergi ini berpotensi membantu klien mendorong inovasi produk dan optimalisasi layanan di masa depan tanpa batas bagi pelanggan mereka.

Sejak awal, cloud tampak seperti alternatif yang lebih sederhana dan lebih murah untuk mengelola infrastrukturnya. Namun seiring dengan meningkatnya permintaan data dan komputasi dan kesadaran bahwa suatu organisasi membutuhkan lebih banyak fleksibilitas dibanding layanan yang diberikan cloud. 

Penyedia cloud sejauh ini merupakan konsumen terbesar dari layanan data center colocation. Itu berarti jika klien data center perlu mengoperasikan sebagian beban kerja mereka di cloud (melalui arsitektur hybrid), data center memiliki peluang unik untuk memfasilitasi metode yang lebih baik, lebih cepat, lebih murah untuk menghubungkan klien, mitra, dan pelanggan ke cloud. Ini berarti data center dan klien cloud memiliki akses ke solusi layanan yang lebih baik melalui pemanfaatan keduanya? Tapi seperti apa prakteknya? Bagaimana data center membantu klien mereka memanfaatkan arsitektur hybrid?

Ada beberapa faktor yang berperan—yaitu interkonektivitas, Agility dan aksesibilitas.

Interkonektivitas

Dunia sedang mengalami pesta data dan komputasi tanpa henti. Ambil satu aplikasi, Netflix, misalnya. Diperkirakan setiap pengguna Netflix yang melakukan streaming dalam HD menggunakan sekitar 9,6 GB data per hari. Dengan sekitar 70 juta pelanggan di AS dan Kanada, itu berarti lebih dari 18 juta TB data yang digunakan dalam satu bulan. Itu hanya satu aplikasi dan hanya di dua negara.

Penyedia cloud dapat memanfaatkan data center colocation secara ekstensif. Jadi, jika Anda adalah klien data center, kemungkinan besar penyedia Anda dapat menawarkan koneksi langsung, pribadi, berkecepatan tinggi ke cloud—melewati Internet publik sepenuhnya. Hal ini dimungkinkan karena penyedia jasa cloud dapat bekerja sama dengan pemilik server cloud colocation lainnya untuk menghubungkan data mereka.

Agility

Sinergi antara cloud provider dan data center dapat membuat pelanggan merasakan layanan yang lebih cepat. Seperti yang telah kita lihat, data center mendekatkan pelanggan ke cloud melalui koneksi langsung dan on-ramp. Kedekatan itu menghasilkan serangkaian manfaat.

Pertama, aplikasi berbasis cloud memungkinkan pelanggan dapat beroperasi jauh lebih efisien, andal, dan hemat biaya dengan bantuan dukungan dan layanan yang disediakan oleh data center.

Fleksibilitas, modularitas, dan tingkat dukungan yang diberikan oleh data center colocation dapat menciptakan sebuah terobosan dalam infrastruktur data center. Misalnya, Anda memiliki produk video baru yang ingin Anda uji di pasar sebelum peluncuran. Dengan data center colocation, Anda memiliki kendali penuh atas sumber daya Anda. Anda dapat dengan mudah memindahkan beban kerja yang diperlukan ke lokasi yang dekat dengan pasar pengujian target tunggal.    

Aksesibilitas

Cloud adalah solusi ideal dan hemat biaya untuk aplikasi dan beban kerja yang tidak memerlukan mobilitas yang signifikan.  Perangkat keras yang berisi barang-barang Anda bisa berada di mana saja dalam penyedia cloud tertentu. Kemungkinan besar, Anda tidak tahu di mana data dan beban kerja Anda berada, apalagi cara mengaksesnya. Seperti contoh kasus penggunaan di atas, di data center, itu adalah jejak Anda. data center juga dapat memberi Anda akses mudah ke aset cloud Anda yang lebih statis.


Adanya cloud dalam data center dapat menjadi suatu keseimbangan dan keragaman dalam infrastruktur Anda. Ketika mereka bekerja bersama dengan baik, cloud dan colocation dapat memperkuat satu sama lain. Jika aplikasi Anda sebagian besar berjalan langsung di cloud, Anda memiliki lebih banyak kebebasan untuk memanfaatkan fleksibilitas yang ditawarkan data center yang pada akhirnya memberi Anda kebebasan untuk menciptakan produk dan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan Anda.