Bagaimana Anda tahu kapan saatnya untuk mengupgrade laptop Anda ke model yang lebih baru? Yah, pasti ada tanda-tanda bahwa perangkat keras Anda mendekati akhir masa pakainya, atau bahkan telah melewati titik itu – dan itulah yang akan kita jelajahi dalam artikel ini.

Secara khusus, kita akan melihat 10 cara paling umum yang menunjukkan saatnya untuk melihat membeli laptop baru di dunia yang ideal (dengan asumsi bahwa itu layak secara finansial, dan Anda memiliki dana untuk cadangan, tentu saja).

Anda mungkin tidak punya banyak pilihan, pikiran, jika Anda menghadapi masalah yang paling serius: yaitu laptop Anda benar-benar mati, atau setidaknya tampak seperti terlempar ke kuburan silikon besar di langit. Jadi mari kita bahas skenario itu terlebih dahulu…

1. Anda Menekan Tombol Daya dan Tidak Ada Yang Terjadi

Ini adalah saat yang benar-benar menakutkan bagi semua pemilik laptop: Anda menekan tombol daya itu, dan sama sekali tidak ada yang terjadi – tidak ada tanda-tanda kehidupan.

Dalam hal ini, ada beberapa langkah pemecahan masalah dasar yang dapat Anda ambil. Sebagai permulaan, colokkan notebook Anda ke listrik (jika belum), lalu coba hidupkan kembali. Jika dicolokkan, pastikan kabelnya tidak longgar, dan memang ada baiknya mencoba soket daya yang berbeda (untuk berjaga-jaga jika ada masalah dengan itu – tidak mungkin, tetapi Anda tidak pernah tahu). Juga, gunakan stopkontak, bukan ekstensi, jika yang terakhir mungkin rusak.

Kami tidak akan membahas solusi potensial lebih lanjut secara rinci di sini, karena ini bukan tujuan artikel ini, tetapi Anda dapat menemukan lebih banyak bantuan pemecahan masalah online dengan Googling (dan kami memiliki beberapa saran untuk pengguna MacBook di sini).

Bagaimanapun, dengan asumsi laptop Anda masih gagal menyala setelah melakukan beberapa pemecahan masalah dasar sendiri - dan tentu saja itu di luar cakupan garansi - Anda harus membuat keputusan tentang apakah akan membawanya ke bengkel atau dealer (seperti Apple Store untuk MacBook) untuk diperbaiki oleh seorang profesional.

Di sinilah Anda perlu mempertimbangkan pro dan kontra – berapa biaya perbaikannya? Jika itu adalah komponen penting yang telah menghilangkan hantu di dalam laptop, seperti motherboard misalnya, itu bisa mahal untuk diganti. Dan jika laptop Anda sudah tua, dan agak ketinggalan jaman, ditambah mungkin itu tidak terlalu mahal untuk memulai, sebenarnya Anda mungkin lebih baik menghabiskan sedikit lebih banyak uang (mungkin tidak lebih) untuk mendapatkan mesin yang sama sekali baru.

Jadi dalam hal ini, pindah untuk membeli laptop baru – yang akan datang dengan komponen yang benar-benar segar yang akan bertahan selama bertahun-tahun (semoga), dibandingkan dengan mesin lama yang diperbaiki yang mungkin hanya pincang sebentar lagi – jelas masuk akal. Anda akan memiliki portabel baru, dengan lebih banyak komponen mutakhir dan garansi baru untuk boot, dan tergantung pada faktor biaya yang kami sebutkan, skenario ini kemungkinan merupakan kasus yang paling jelas untuk mengganti notebook Anda saat ini.


2. Anda Bisa Menggoreng Telur di Sasis Laptop Anda

Apakah laptop Anda menjadi sangat panas ketika dihidupkan untuk sementara waktu? Apakah sasis tampak hangat secara tidak normal saat disentuh di area tertentu? Apakah mesin Anda sangat bising – dengan kipas di dalamnya yang tampaknya berputar seolah-olah hidup mereka sangat bergantung padanya – dan apakah aplikasi atau game berjalan sangat lambat, secara umum?

Ketika laptop bertambah tua, mereka dapat mengembangkan masalah terkait panas yang menunjukkan gejala semacam ini. Ini mungkin terjadi hanya karena usia komponen internal, dan tekanan yang mereka alami selama bertahun-tahun, dan jenis tingkat panas yang menumpuk di dalam casing laptop.

Jika ini adalah notebook murah, sistem pendinginnya mungkin agak buruk, dan komponen mungkin mengalami tekanan termal lebih dari yang seharusnya – dan juga, penumpukan debu dari waktu ke waktu, yang masuk ke ventilasi pendingin laptop dan dapat menggumpal sistem (atau kipas) dapat membuat menjaga hal-hal tetap dingin menjadi pekerjaan yang lebih sulit daripada yang seharusnya.

Banyak laptop tidak dirancang untuk dibuka atau diservis oleh pengguna saat ini, dan tidak banyak yang dapat Anda lakukan tentang hal ini, setidaknya dari perspektif penyembuhan daripada pencegahan. Ada kemungkinan outlet perbaikan profesional dapat membantu – dengan harga tertentu, tentu saja – tetapi kemungkinan besar, dengan notebook yang lebih tua, kepanasan dan perlambatan hanyalah salah satu dari tanda-tanda bahwa sudah waktunya untuk membeli model baru.

3. Layarnya Tidak Seperti Dulu

Hal lain yang jelas harus dicari adalah tampilan yang gagal, yang benar-benar dapat merusak keseluruhan pengalaman Anda saat menggunakan laptop. Layar mungkin mulai berkedip-kedip, misalnya – yang bisa berakibat buruk bagi penglihatan dan kewarasan Anda – atau bisa jadi karena kesalahan fisik terutama jika Anda menjatuhkan laptop. Itu bisa mengakibatkan layar retak, atau layar dengan bagian yang rusak, atau tampilan yang gagal sepenuhnya.

Jika layar laptop Anda memiliki masalah besar dalam bentuk apa pun, kemungkinan itu perlu diganti dengan tampilan baru di outlet perbaikan. Namun, seperti yang telah kami sebutkan, mungkin lebih masuk akal, atau lebih hemat biaya dalam jangka panjang, untuk membeli sendiri laptop baru (sekali lagi, itu sepenuhnya tergantung pada situasi Anda seperti yang telah kita bahas di bagian #1, dan tentu saja dengan laptop yang lebih mahal, penggantian layar bisa masuk akal secara finansial).


4. Laptop Anda Benar-Benar Tua

Mungkin laptop Anda baik dan benar-benar ketinggalan jaman. Sangat bagus untuk mendapatkan nilai dari sebuah mesin dengan memilikinya untuk waktu yang lama, memanfaatkannya dengan baik selama bertahun-tahun, tetapi Anda akhirnya harus menarik garis di suatu tempat.

Biasanya ketika semuanya mulai melambat tanpa alasan yang jelas – alasan sebenarnya adalah usia perangkat keras, dalam hal spesifikasi, dan juga keausan – dan ada juga tanda-tanda seperti saat sistem operasi pada notebook Anda rusak. tidak lagi didukung, misalnya. (Ingat bahwa Windows 7 portabel menyaksikan sistem operasi mereka melewati tanggal akhir masa pakainya pada awal 2020).

Singkatnya, jika laptop Anda mendekati usia satu dekade, tentu ada baiknya memikirkan untuk mendapatkan yang baru hanya atas dasar itu. Meskipun demikian, jika Anda tidak memiliki masalah khusus dengannya, dan mesin masih melakukan semua yang Anda inginkan, kurang lebih, jelas tidak perlu terburu-buru ke pembelian berikutnya.

5. Keyboard Anda Ngambek

Keyboard adalah komponen lain pada laptop yang dapat berhenti berfungsi dengan baik, dan terkadang tombol tertentu berhenti berfungsi. Mungkin tidak terlalu mahal untuk mendapatkan bengkel atau dealer untuk mengganti keyboard, tetapi dengan beberapa notebook – ada model yang keyboardnya terpasang sepenuhnya di bagian atas laptop – ini bisa menjadi proses yang lebih berat.

Karena itu, ini mungkin kesempatan yang baik untuk mempertimbangkan membeli notebook baru.

6. Baterai Rusak

Seiring waktu, kapasitas maksimum yang dapat ditampung baterai berkurang, karena baterai habis karena diisi ulang berulang kali. Jadi, ketika Anda pertama kali membeli laptop, laptop itu bisa bertahan selama berjam-jam saat kehabisan daya baterai, umur panjang itu perlahan-lahan surut. Akhirnya, proses ini dapat meninggalkan Anda dengan baterai laptop yang tidak bertahan lebih dari 10 menit, yang berarti Anda tidak dapat menggunakan notebook secara efektif tanpa dicolokkan ke stopkontak.

Solusi yang jelas adalah mengganti baterai, tetapi itu tidak selalu mungkin karena beberapa laptop memiliki paket daya yang tidak dapat diganti oleh pengguna – bagaimanapun juga, tidak realistis, meskipun pabrikan mungkin menawarkan layanan untuk melakukan ini. Bagaimanapun, mengingat pertimbangan biaya perbaikan yang biasa, Anda mungkin lebih baik membeli laptop baru, daripada terbebani dengan mesin yang tidak dapat Anda gunakan tanpa dicolokkan ke listrik.

7. Laptop Anda Susah Dibawa Kemana-mana

Ada hal lain yang terkait dengan alasan 'laptop menjadi tua', dan itu jika laptop Anda memang model yang lebih lama, mungkin cukup tebal dan cukup berat. Kemajuan dengan notebook kontemporer berarti bahwa portabel sekarang jauh lebih tipis, lebih ringan, dan umumnya lebih portabel.

Jadi, jika Anda sering menggunakan laptop saat bepergian, dan Anda bosan membawa mesin yang besar dan berat, membeli notebook baru akan selalu memberi Anda sesuatu yang jauh lebih ramping dan lebih mudah dibawa-bawa. (seperti mesin Dell yang digambarkan di atas).

Itu sendiri bisa menjadi alasan yang baik untuk melakukan upgrade, ditambah dengan laptop modern, masa pakai baterai bisa jauh lebih kuat - kami sekarang melihat umur panjang yang diklaim lebih dari 20 jam, keuntungan besar lainnya bagi mereka yang ingin menggunakan portabel mereka. untuk waktu yang lama saat bepergian.

8. Gadget paranoia

Cara lain untuk mengetahui bahwa Anda mungkin mendapat manfaat dari memiliki laptop baru adalah jika, misalnya, Anda bepergian ke tempat yang mungkin dianggap sebagai daerah dengan tingkat kriminalitas tinggi, dan Anda memiliki notebook mahal – jadi Anda paranoid tentang mengambil perangkat jika terjadi pencurian.

Dalam hal ini, Anda tidak mencari laptop pengganti, tentu saja, melainkan mesin sekunder yang sangat murah yang dapat Anda gunakan dalam skenario semacam ini (alih-alih mungkin hanya mengandalkan ponsel Anda, dan layarnya yang kecil).

Jelas Anda tidak akan bisa menyelesaikan semua yang Anda lakukan di notebook yang Anda lakukan di laptop high-end utama Anda, tetapi itu masih bisa berguna dalam keadaan darurat (dan jangan lupa laptop sekunder mungkin juga membuat cadangan sementara yang layak. mesin jika terjadi semacam bencana pada laptop utama Anda).

9. Hard Drive Nge-hang

Apakah Anda memiliki laptop yang menggunakan hard drive? Ini sekarang merupakan teknologi penyimpanan lama yang kikuk, dan hard disk telah lama digantikan oleh solid-state drive (disingkat SSD) karena yang terakhir jauh lebih cepat. Pindah dari laptop dengan hard drive ke SSD, Anda akan melihat perbedaan dunia dalam hal kinerja keseluruhan di semua yang Anda lakukan.

Sekali lagi, ini termasuk dalam kategori 'laptop lama' Anda, meskipun demikian, bahkan notebook kontemporer dapat memiliki hard disk. Selain jauh lebih lambat, hard disk juga menggunakan bagian fisik yang bergerak yang membuatnya lebih tidak cocok untuk laptop daripada PC desktop – hanya karena notebook dapat terjatuh, dan hard drive dapat rusak (dengan hasil yang berpotensi menjadi bencana jika Anda tidak memilikinya). t mendukung hal-hal) dalam insiden semacam itu.

Jadi jika Anda masih terjebak di dunia hard drive dengan portabel Anda, ada baiknya mempertimbangkan untuk beralih ke laptop baru yang memiliki SSD murni untuk mendapatkan keuntungan dari kinerja dan ketahanan yang terakhir.

10. Demam Diskon

Mungkin salah satu cara paling jelas untuk mengatakan bahwa Anda memerlukan laptop baru adalah ketika hari-hari penjualan besar tiba, dan Anda memiliki jari pemicu mouse yang sangat gatal melayang di atas tombol beli pada notebook dengan diskon yang sangat besar.

Oke, jadi ini mungkin kasus menginginkan portabel baru daripada membutuhkan, sebenarnya, atau mungkin campuran keduanya – karena ketika datang ke beberapa penawaran luar biasa yang bisa Anda dapatkan di Black Friday atau Amazon Prime Day, itu perbedaan bisa menjadi sangat kabur jika Anda memiliki uang cadangan yang tergeletak di rekening bank Anda.

Jika salah satu dari poin di atas yang kami buat tidak berlaku untuk laptop Anda sekarang, tetapi sepertinya itu mungkin benar dalam waktu dekat mungkin, itu bisa menjadi langkah pencegahan yang bijaksana untuk mengambil banyak hal selagi Anda bisa.


Sumber  : https://www.techradar.com/how-to/10-ways-to-tell-you-need-a-new-laptop