Artikel ini menjelaskan Daftar Bagian Laptop dan fungsi Bagian Laptop ini. Bagian-bagian laptop termasuk layar tampilan, keyboard, panel dasar, panel atas, Kipas Pendingin, RAM, hard disk, unit sandaran tangan, baterai, engsel, speaker, drive optik, antena, dll.

Pengantar:

Seperti yang kita ketahui laptop adalah perangkat komputasi yang paling umum digunakan di seluruh dunia karena sifatnya yang portabel. Oleh karena itu penting bagi pengguna untuk memahami fungsi bagian-bagiannya. Panduan ini membantu pengguna untuk memilih suku cadang laptop yang tepat dan terbaik dalam hal kebutuhan pembelian mereka.


Display Screen


Fungsinya mirip dengan monitor yang digunakan di PC desktop. Ini dikenal sebagai perangkat output karena digunakan untuk menampilkan output kepada pengguna dalam format yang diinginkan. Ada berbagai tampilan layar yang tersedia sesuai dengan berbagai merek laptop yaitu. SONY, HP, DELL, LENOVO, ACER, ASUS dll. Jenisnya antara lain LCD, LED, VGA, XVGA, CCFL dll. Panel tampilan dapat berupa jenis layar sentuh atau non layar sentuh. Layar sentuh memungkinkan pengguna untuk memilih dari opsi yang berbeda dengan sentuhan sederhana dengan jari mereka pada menu atau ikon yang diinginkan yang ditampilkan di layar.


Keyboard


Ini adalah perangkat input yang paling umum digunakan untuk memberikan perintah atau data ke laptop atau komputer. Ada berbagai jenis keyboard berdasarkan tombol yang digunakan dan pengaturan tata letaknya. Jenis yang umum adalah QWERTY, QWERTZ, AZERTY dan HCESAR. Berbagai tombol yang ditemukan pada keyboard termasuk tombol mesin tik standar, tombol fungsi (F1, F2, F3, ..., F12) tombol tujuan khusus (Ctrl, Del, Ins, Alt), tombol gerakan kursor, tombol numerik.


Base Panel


Panel dasar menyediakan tempat pemasangan untuk bagian-bagian laptop yang meliputi motherboard, RAM, hard drive, kipas pendingin, baterai, drive CD, dll.


Top Panel


Panel atas menyediakan tempat pemasangan dan dukungan untuk layar laptop.


Cooling Fan


Ini mendinginkan suhu komponen internal seperti CPU, GPU dll.


RAM


RAM adalah kependekan dari Random Access Memory. Ini adalah jenis memori yang dapat diakses secara acak. Ini adalah memori sementara yang menyimpan data dan program saat sedang digunakan dan membutuhkan sumber daya untuk menjaga integritasnya. Komputer laptop menggunakan jenis DDR SDRAM yang merupakan kelas IC memori double data rate synchronous dynamic random access memory (RAM). Jenis umum dari SDRAM termasuk DDR1, DDR2, DDR3 dan DDR4.


Hard disk


Hard disk drive laptop terdiri dari dua jenis umum yaitu. IDE (atau PATA) hard drive atau SATA hard drive. Mereka dapat diidentifikasi berdasarkan antarmuka yang tersedia pada mereka.


Palm Rest Assembly


Ini memberikan dukungan untuk menginstal keyboard, panel dasar dan touchpad. Ini menutupi seluruh motherboard laptop sehingga debu atau air eksternal atau benda apa pun tidak jatuh pada komponen elektroniknya. Hal ini memungkinkan tempat untuk menjaga tangan pengguna untuk mengoperasikan tombol keyboard dan touchpad.


Touchpad


Touchpad atau trackpad menggunakan sensor taktil pada permukaan khusus. Touchpad adalah perangkat penunjuk yang menerjemahkan gerakan dan posisi jari di permukaan ke posisi kursor relatif di layar sistem operasi yang terpasang di laptop. Ini adalah fitur paling umum dari semua laptop dan digunakan sebagai pengganti mouse di mana ruang meja terbatas.


Battery


Ini digunakan untuk menyediakan cadangan daya untuk mengoperasikan laptop ketika daya listrik AC tidak tersedia. Tegangan baterai laptop yang umum adalah 10.8V, 11.1V atau 14.8V. Semua baterai laptop dapat diisi ulang. Jenis baterai laptop yang umum termasuk lithium ion (yaitu Li-ion), nikel kadmium (yaitu NiCad) dan nikel metal hidrida (yaitu NiMH). Dari ini Li-ion paling sering ditemukan di laptop terbaru. Mereka dibuat menggunakan berbagai kombinasi sel yaitu. 3 sel atau 4 sel dll.


Hinges

Engsel adalah jenis benda yang menghubungkan dua benda padat sehingga dapat diputar terhadap satu sama lain dengan sudut tertentu di antara keduanya. Di engsel laptop menyediakan layar laptop untuk diputar sehubungan dengan panel dasar. Ini juga membantu layar untuk sepenuhnya berada atau beristirahat di panel dasar laptop saat tidak digunakan.


Speaker

Pada umumnya speaker digunakan untuk menghasilkan suara. Seperti speaker eksternal, speaker laptop juga memungkinkan pengguna untuk mengontrol volume naik atau turun sesuai kebutuhan. Ini tersedia dalam peringkat daya 2,6 watt atau 5 watt.


Optical drive

Drive optik laptop dapat membaca/menulis CD, DVD, atau cakram Blu-Ray. Drive ini memungkinkan membaca dan merekam data dengan kecepatan sangat tinggi. Seseorang juga dapat menggunakan drive optik eksternal.


Antenna


Antena menyediakan konektivitas nirkabel di laptop untuk berbagai aplikasi seperti internet wifi, bluetooth dll. Paling umum antena laptop beroperasi baik di pita frekuensi WLAN atau pita frekuensi bluetooth sesuai standar atau kelas yang berbeda.