Solusi hyperconverged adalah sistem yang ditentukan perangkat lunak dengan penyimpanan, jaringan, dan sumber daya terintegrasi yang telah mengalami peningkatan penggunaan baru-baru ini, terutama sebagai akibat dari pandemi COVID-19. Infrastruktur hyperconverged adalah kombinasi dari perangkat keras pusat data tradisional dan penyimpanan yang terpasang secara lokal dengan perangkat lunak yang memungkinkan penggunaan blok bangunan untuk menggantikan sistem infrastruktur lama. Sistem warisan ini biasanya terdiri dari server individu dan jaringan penyimpanan yang berbeda, tetapi dalam sistem hyperconverged, mereka disatukan dalam satu platform.

Infrastruktur dengan server-SAN dan jaringan penyimpanan yang menampilkan modul independen yang dapat diperbarui atau diubah tanpa mempengaruhi lapisan lain telah menjadi cara umum sistem TI beroperasi selama beberapa dekade. Namun, di era komputasi awan hibrida, bentuk infrastruktur ini tidak lagi dapat memenuhi kebutuhan banyak bisnis global.

Solusi HCI menyatukan seluruh tumpukan pusat data, termasuk penyimpanan, jaringan, dan virtualisasi. Infrastruktur warisan yang kompleks dan mahal digantikan oleh platform yang berjalan di server standar industri yang memungkinkan bisnis memulai dari yang kecil dan kemudian menskalakan sesuai kebutuhan, satu node pada satu waktu. Semakin banyak organisasi sekarang mulai melihat manfaat intrinsik dari infrastruktur hyperconverged karena ini adalah bisnis yang diperkirakan akan tumbuh dari $7,8 miliar tahun ini menjadi lebih dari $27 miliar pada tahun 2025, dengan tingkat pertumbuhan 28,1%.

Saat ini, penyimpanan hyperconverged adalah infrastruktur pilihan bagi perusahaan yang ingin tetap kompetitif selama periode kritis, melihat pertumbuhan yang berkelanjutan, dan memastikan bahwa semua pusat data cukup siap untuk ditransfer ke sistem komputasi awan. Dengan solusi HCI menjadi langkah logis berikutnya untuk sebagian besar bisnis, penting untuk memahami dengan tepat apa saja efek positif dan negatif dari transisi ke infrastruktur hyperconverged.

                   

Kelebihan infrastruktur hyperconverged

Ada banyak manfaat yang jelas dari memiliki sistem yang sangat terintegrasi dan teruji untuk bisnis Anda, termasuk:

 

Skalabilitas: Dalam infrastruktur hyperconverged, semuanya terintegrasi dengan mulus, jadi peningkatan hanya melibatkan penambahan node lain ke node sebelumnya. Proses ini menawarkan kemampuan untuk lebih banyak kemampuan penyimpanan tanpa masalah kerumitan konfigurasi atau pemeriksaan kompatibilitas perangkat keras. Pada dasarnya sesederhana itu; semakin banyak node yang Anda miliki, semakin banyak penyimpanan yang dapat Anda hasilkan. Peningkatan penyimpanan ini tidak hanya menawarkan skalabilitas tanpa batas, tetapi juga dapat dicapai tanpa harus mengubah persyaratan manajemen apa pun.

 

Kesederhanaan: Metode yang dicoba dan benar untuk membuat pusat data memerlukan menyatukan sejumlah besar perangkat keras dan perangkat lunak terpisah yang dapat mencakup server, penyimpanan, jaringan, dan perangkat lunak manajemen untuk perangkat keras dan perangkat lunak. Solusi penyimpanan hyperconverged menghilangkan masalah ini. Solusi HCI sepenuhnya mengintegrasikan perangkat keras, perangkat lunak, dan sistem yang diatur untuk beroperasi saat mereka berfungsi. Kesederhanaan ini memastikan bahwa semua masalah manajemen dihilangkan karena semuanya telah dibuat untuk bekerja sama secara khusus; oleh karena itu, memang demikian.

 

Pengeluaran: Infrastruktur hyperconverged biasanya akan menggunakan perangkat keras komoditas, bukan komponen tujuan khusus, yang kemungkinan besar akan mengurangi biaya implementasi dan operasi secara signifikan. Selain itu, sifat penyimpanan hyperconverged berarti tidak perlu membawa staf TI tambahan untuk mengelolanya karena kesederhanaannya. Aspek kunci lain dari ini adalah bahwa biaya sepenuhnya dapat diprediksi karena setelah Anda mengetahui biaya penambahan node tambahan dan kapasitas tambahan yang akan Anda terima berarti perhitungan biaya sederhana karena model bayar sesuai skala.

 

Kekurangan dari infrastruktur hyperconverged

Meskipun manfaat ini signifikan, tetap penting untuk menyadari potensi titik nyeri yang mungkin timbul karena beralih ke solusi HCI. Beberapa di antaranya adalah:

 

Vendor tunggal: Saat Anda menggunakan infrastruktur hyperconverged, Anda kemudian bergantung pada satu vendor tunggal. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk memastikan bahwa vendor mana pun yang bekerja dengan Anda memiliki rekam jejak di industri Anda, dianggap baik, dan dapat mendukung kebutuhan Anda secara efektif. Penting untuk berkonsultasi dengan para ahli sebelum membuat keputusan akhir Anda mengenai solusi HCI.

 

Biaya Tersembunyi: Jika Anda belum mempertimbangkan dengan cermat vendor yang bekerja sama dengan Anda, biaya dapat dengan cepat mulai bertambah. Biaya tersembunyi dapat muncul karena beberapa vendor mungkin membebankan biaya yang lebih tinggi untuk peralatan atau layanan mereka, sementara biaya cloud juga dapat meningkat jika Anda tidak hati-hati. Salah satu cara untuk mencegah hal ini terjadi adalah melakukan uji tuntas saat memilih vendor, serta melakukan analisis biaya penuh dari proses sebelum menyetujuinya.

 

Kesimpulan

Infrastruktur hyperconverged tidak boleh dianggap sebagai obat mujarab untuk semua masalah TI dan data Anda. Namun, sisi positif dari solusi hyperconverged biasanya jauh lebih besar daripada sisi negatifnya dalam hal merampingkan kemampuan operasional dan produktivitas Anda secara keseluruhan. Dengan perusahaan dan organisasi yang menerima lebih banyak data hampir setiap hari dan beban kerja analitis yang terus bertambah, kami melihat infrastruktur hyperconverged dengan cepat menjadi bagian dari 'normal bisnis baru'.

 

sumber : https://www.networkcomputing.com/data-centers/pros-and-cons-hyperconverged-infrastructure