UPS 101: Perkenalan
27/07/2021

Catu daya tak terputus (UPS) menawarkan perlindungan daya yang terjamin untuk elektronik yang terhubung. Saat daya terputus, atau berfluktuasi di luar tingkat aman, UPS akan langsung menyediakan daya cadangan baterai yang bersih dan perlindungan lonjakan arus untuk peralatan sensitif yang terpasang.


Mengapa Anda membutuhkan UPS di rumah atau bisnis Anda?

Rumah: Perangkat elektronik yang Anda andalkan setiap hari untuk komunikasi, keamanan, dan hiburan berisiko mengalami kerusakan dan kegagalan karena pemadaman listrik yang tidak terduga, fluktuasi tegangan, atau gangguan daya lainnya. UPS menyediakan daya cadangan baterai dan perlindungan untuk perangkat elektronik, termasuk:

- Peralatan jaringan nirkabel (router, modem)

- Komputer

- Televisi

- Sistem keamanan

- Konsol game

- Perangkat seluler

Bisnis: Waktu henti yang disebabkan oleh pemadaman listrik membuat siapa pun frustrasi, tetapi dapat melumpuhkan secara finansial untuk bisnis atau organisasi. Setiap tahun, miliaran dolar hilang karena downtime yang disebabkan oleh gangguan listrik yang sebenarnya bisa dicegah oleh UPS. Untuk perusahaan Fortune 1000:

- Biaya tahunan rata-rata untuk waktu henti yang tidak direncanakan, $1,25—$2,5 miliar

- Biaya rata-rata per jam dari kegagalan infrastruktur: $100,000

- Biaya rata-rata per jam dari kegagalan aplikasi kritis: $500,000—$1 juta

- Usaha kecil hingga menengah mungkin paling berisiko finansial karena kemampuan yang terbatas untuk menghasilkan pendapatan selama waktu henti.

Elektronik memiliki peringkat watt maksimum dan peringkat VA (volt-ampere) maksimum. Peringkat tidak boleh dilampaui oleh peralatan yang terpasang. Watt mengukur daya nyata yang ditarik oleh peralatan, sedangkan volt-amp adalah produk dari tegangan yang diterapkan ke peralatan dikalikan arus yang ditarik oleh peralatan.


Berapa ukuran UPS yang Anda butuhkan?

Untuk komputer dan unit UPS, peringkat watt dan VA dapat berbeda secara signifikan, meskipun peringkat VA selalu sama dengan lebih besar dari peringkat watt. Rasio watt terhadap VA disebut 'faktor daya' dan dinyatakan sebagai angka (yaitu – 0,8) atau persentase (yaitu – 80%). Saat mengukur UPS untuk kebutuhan spesifik Anda, faktor daya paling penting. Umumnya, UPS Anda harus memiliki Kapasitas Output Watt 20-25% lebih tinggi dari total daya yang ditarik oleh peralatan yang terpasang.


Faktor Daya

Itu tergantung pada apa yang ingin Anda cadangkan dengan UPS Anda. Runtime mengacu pada jumlah waktu UPS akan dapat memberi daya pada peralatan yang terpasang jika terjadi gangguan listrik. Semakin banyak peralatan yang Anda colokkan ke UPS Anda, semakin sedikit waktu kerja yang Anda miliki, jadi penting untuk memastikan UPS Anda hanya menyediakan daya cadangan untuk peralatan Anda yang paling penting.

Banyak masalah listrik berasal dari jaringan listrik komersial, yang, dengan ribuan mil jalur transmisinya, dapat mengalami kerusakan akibat variasi cuaca seperti angin topan, badai petir, salju, es, dan banjir, serta kegagalan peralatan dan kecelakaan lalu lintas. .