Infrastruktur TI terdiri dari semua komponen yang berperan dalam semua fungsi yang mendukung TI atau TI – yang, seperti perangkat keras, perangkat lunak, layanan, dan sumber daya jaringan yang diperlukan untuk praktik operasional sebuah perusahaan.

Mengembangkan infrastruktur TI internal sangat penting untuk memberikan solusi dan layanan TI secara kompeten bagi karyawan, mitra, dan pelanggan Anda, bahkan untuk pertumbuhan dan produktivitas bisnis.

Bagaimana cara menyiapkan hal-hal tersebut?

1. Membangun Infrastruktur IT

Perangkat Keras

Tanpa perangkat keras Anda, Anda tidak akan memiliki banyak infrastruktur untuk memulai, tetapi pengaturan perangkat keras yang layak lebih dari sekadar memutuskan apakah Anda menggunakan Apple atau Windows. Menyiapkan infrastruktur yang memadai dimulai dengan server yang layak.

Semakin besar perusahaan yang anda kelola, anda membutuhkan server yang semakin pula dalam segi kapasitas dan kemampuannya. Perlu perhitungan secara seksama sesuai kebutuhan yang anda perlukan. Sebagai gambaran, jika anda memiliki jumlah komputer 10-20, maka anda dapat menggunakan kategori value server. Namun jika perusahaan anda berupa kantor berita online dan sejenisnya yang membutuhkan kapasitas server besar, maka anda dapat memilih kategori blade server.

Jika anda butuh konsultasi terkait pemilihan server yang tepat, klik hubungi untuk cari tahu solusi terbaik anda.


Perangkat Lunak

Lengkapi kebutuhan perangkat lunak kamu sesuai kebutuhan bisnis kamu. Microsoft Office bukan satu-satunya pilihan,  anda dapat mencoba Google G-Suite memungkinkan Anda membuat, mengedit, dan berbagi dokumen secara online, menawarkan kemudahan aksesibilitas yang lebih besar untuk proyek tim gabungan, tetapi bermasalah jika internet dimatikan.

Jika anda seorang bisnis e-niaga, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mencari-cari teknologi point of sale.


Komunikasi

Setelah perangkat keras dan lunak tercukupi, sekarang giliran anda untuk melakukan pendekatan dengan customer. Anda dapat memanfaatkan sosial media untuk berinteraksi dengan customer anda. Di tingkat yang lebih advance anda dapat memanfatkan berbagai pendekatan seperti melalui email untuk sekedar memberikan informasi terkait bisnis yang anda kelola, ataupun untuk mempertahankan loyalitas customer yang anda punya saat ini dengan memberikan penawaran yang menarik terkait bisnis anda.


Sumber : https://evolvit.co.uk/it-support/outsourced-it-department/how-to-set-up-an-it-infrastructure-for-your-small-business/