Industrial internet of things (IIoT) mengacu pada perluasan dan penggunaan internet of things (IoT) di sektor industri dan aplikasi. Dengan fokus yang kuat pada komunikasi mesin-ke-mesin (M2M), data besar , dan pembelajaran mesin , IIoT memungkinkan industri dan perusahaan untuk memiliki efisiensi dan keandalan yang lebih baik dalam operasi mereka. IIoT mencakup aplikasi industri, termasuk robotika, perangkat medis, dan proses produksi yang ditentukan perangkat lunak.

 

IIoT melampaui perangkat konsumen normal dan kerja internet perangkat fisik yang biasanya dikaitkan dengan IoT. Yang membedakannya adalah persinggungan antara teknologi informasi (TI) dan teknologi operasional (OT). OT mengacu pada jaringan proses operasional dan sistem kontrol industri (ICS), termasuk antarmuka mesin manusia (HMI), sistem kontrol pengawasan dan akuisisi data (SCADA), sistem kontrol terdistribusi (DCS), dan pengontrol logika yang dapat diprogram (PLC).

 

Konvergensi TI dan OT memberikan industri dengan integrasi sistem yang lebih besar dalam hal otomatisasi dan pengoptimalan, serta visibilitas yang lebih baik dari rantai pasokan dan logistik. Pemantauan dan pengendalian infrastruktur fisik dalam operasi industri, seperti di bidang pertanian, perawatan kesehatan, manufaktur, transportasi, dan utilitas, menjadi lebih mudah melalui penggunaan sensor dan aktuator pintar serta akses dan kontrol jarak jauh.

 

Dalam konteks revolusi industri keempat, yang dijuluki Industri 4.0 , IIoT merupakan bagian integral dari bagaimana sistem fisik siber dan proses produksi diatur untuk bertransformasi dengan bantuan data besar dan analitik. Data waktu nyata dari sensor dan sumber informasi lainnya membantu perangkat dan infrastruktur industri dalam "pengambilan keputusan", dalam menghasilkan wawasan dan tindakan tertentu. Mesin selanjutnya diaktifkan untuk mengambil dan mengotomatiskan tugas-tugas yang tidak dapat ditangani oleh revolusi industri sebelumnya. Dalam konteks yang lebih luas, IIoT sangat penting untuk menggunakan kasus yang terkait dengan ekosistem atau lingkungan yang terhubung, seperti bagaimana kota menjadi kota pintar dan pabrik menjadi pabrik pintar.

 

Penangkapan dan transmisi data yang konsisten di antara perangkat dan mesin pintar memberi industri dan perusahaan banyak peluang pertumbuhan. Data tersebut memungkinkan industri dan perusahaan untuk menangkap kesalahan atau ketidakefisienan dalam rantai pasokan, misalnya, dan segera mengatasinya, sehingga mendorong efisiensi sehari-hari dalam operasi dan keuangan. Integrasi IIoT yang tepat juga dapat mengoptimalkan penggunaan aset, memprediksi titik kegagalan, dan bahkan memicu proses pemeliharaan secara mandiri.

 

Dengan mengadopsi perangkat yang terhubung dan cerdas, bisnis dimungkinkan untuk mengumpulkan dan menganalisis data dalam jumlah yang lebih besar dengan kecepatan yang lebih tinggi. Hal ini tidak hanya akan meningkatkan skalabilitas dan kinerja, tetapi juga dapat menjembatani kesenjangan antara lantai produksi dan kantor umum. Integrasi IIoT dapat memberikan gambaran yang lebih akurat kepada entitas industri tentang bagaimana operasi mereka berjalan dan membantu mereka membuat keputusan bisnis yang tepat.

sumber : https://www.trendmicro.com/